Selasa, 01 Mei 2012

Tutorial membuat 2 OS dalam 1 PC

Beberapa kebutuhan membuat kita berpikir tentang kemungkinan untuk menginstall dua sistem operasi (OS) dalam satu komputer. Ya, hal itu bisa kita lakukan. Tapi kita tidak bisa menginstal kedua OS tersebut dalam satu partisi. Jadi, kita harus memberikan ruang kosong lagi sebagai tempat untuk OS baru, misalnya OS lama di C dan OS baru di D. Saya katakan RUANG KOSONG! artinya kalau di partisi D sebelumnya sudah terisi data, segera lakukan backup pada data tadi atau jika tidak Anda akan kehilangan. Alternatifnya adalah membuat partisi baru untuk OS baru.


Apa manfaat menginstal 2 OS dalam satu PC? Untuk :
  • Melakukan pengujian compabilitas program tertentu.
  • Mencoba aplikasi tertentu dengan versi berbeda.
  • Sebagai alternatif jika salah satu OS bermasalah.
  • Mencoba 2 versi OS berbeda.
Kerugiannya ?
  • Membebani drive, karena menambah penggunaan space (ruang) harddisk.
  • Harus mengulangi proses instalasi program, driver, update, dan lainnya.

Tips : Perlu diperhatikan bahwa ketika menginstall 2 OS dalam satu komputer, sebaiknya pada OS baru tidak dijejali dengan berbagai macam program karena hal itu akan semakin memperberat kerja PC. Cukup aplikasi penting yang dibutuhkan, misalnya driver standar bawaan PC, antivirus, dan lainnya. Sedangkan pada OS lama, bisa kita lakukan.

CARA INSTAL OS KEDUA

Sebagai contoh, saya adalah pengguna Vista. Dan sekarang saya ingin menginstal XP sebagai OS kedua. Sebelumnya, pada komputer saya telah terinstal Vista di C. Nah, berarti sekarang saya harus menginstallnya di partisi yang lain, misalnya D. Caranya :
1. Masukkan CD installer Windows XP pada CDROM dan Restart komputer.
2. Saat BIOS tekan tombol Delete berulang – ulang, begitu muncul menu Press any key to boot from CD tekan Enter atau sembarang tombol.


3. Tunggu proses setup file – file yang diperlukan.
4. Selanjutnya akan tampil pilihan instalasi, tekan Enter.


5. Setelah itu akan muncul tampilan License Agreement, tekan F8.


6. Pada tampilan proses seperti berikut, pilih ESC.


7. Kemudian pada tampilan dibawah ini, berikan pilihan di drive mana Windows XP akan diinstal lalu tekan Enter.


8. Ikuti proses seperti biasa hingga selesai.

Sedangkan untuk menginstal Windows 7 sebagai OS kedua, langkah – langkah yang diperlukan hampir sama saat menginstal Windows 7 seperti biasa. Tetapi pada langkah berikut :


Pilih Custom (advanced). Kemudian akan tampil seperti ini :


Pilih disk di partisi mana ruang instalasi Windows 7 akan diberikan.

DUAL BOOT


Setelah OS kedua berhasil di instal pada PC, maka komputer akan melakukan Reboot dan tampilan Windows berubah menjadi dual boot.


ALTERNATIF LAIN

Alternatif lain untuk menjalankan multi OS adalah membuat virtual machine di komputer Anda. Anda bisa menggunakan software virtualisasi seperti Vmware Player atau Virtual Box tetapi dengan virtualisasi, hasilnya tak akan maksimal dan akan terus bergantung pada software virtualisasi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar